Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Diriku; Positif atau Negatif?

Pengembara
Kesuksesan seseorang dalam melakukan komunikasi interpersonal berbanding lurus dengan kualitas Konsep Diri yang mereka bangun, Konsep Diri positif atau negatif.


William D Brooks dan Philip Emmert menegaskan bahwa terdapat 5 (lima) tanda-tanda seseorang yang memiliki Konsep Diri Negatif;
  1. Seseorang yang memiliki Konsep Diri negatif peka terhadap kritik, tidak tahan kritik dan mudah marah. Kadangkala sebuah koreksi yang ditujukan kepada dirinya dipersepsi sebagai usaha untuk menjatuhkan harga dirinya.
  2. Responsif terhadap pujian. Walaupun berpura-pura menghindari pujian, seseorang yang mempunyai Konsep Diri negatif tidak dapat menyembunyikan rasa antusiasnya di kala menerima pujian.
  3. Memiliki sikap hiperkritis terhadap orang lain, selalu mengeluh, mencela dan meremehkan siapapun. Selain itu seseorang yang memiliki Konsep Diri negatif tidak pandai dan tidak sanggupmengugkapkan penghargaan atau pengakuan terhadap kelebihan yang dimiliki oleh orang lain.
  4. Cenderung merasa tidak disenangi dan diperhatikan orang lain, menganggap orang lain sebagai musuh. Pemilik Konsep Diri negatif tidak pernah menyalahkan dirinya, tetapi menganggap dirinya sebagai korban ketidakberesan sistem sosial.
  5. Bersikap pesimis terhadap kompetisi, enggan untuk bersaing dengan orang lain dalam membuat prestasi.
Setelah saya mencoba memaparkan ciri-ciri Konsep Diri Negatif, berikut ini adalah ciri-ciri orang dengan Konsep Diri positif:
  1. Seseorang yang memiliki Konsep Diri positif yakin dengan kemampuannya dalam mengatasi masalah.
  2. Merasa setara dengan orang lain, sehingga terhindar dari penyakit minderwarden.
  3. Menyadari bahwa setiap orang mempunyai berbagai perasaan, keinginan, dan perilaku yang tidak seluruhnya disetujui masyarakat.
  4. Menerima pujian tanpa rasa malu, namun tidak larut dengan berbagai pujian yang menghampirinya.
  5. Mampu memperbaiki diri karena mampu mengungkapkan aspek-aspek kepribadian yang tidak disenanginya dan berusaha untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.
Demikian sedikit pengetahuan yang saya dapatkan dari beberapakali mengikuti kajian seputar Konsep Diri. Semoga bermamfaat bagi kita semua. Pada artikel berikutnya saya akan mencoba memaparkan sedikit tentang Hubungan Komunikasi Dengan Konsep Diri.
Silakan komentar dan sarannya ya ^_*

4 comments for "Konsep Diriku; Positif atau Negatif?"