Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Migrasi Googlecode ke Google Drive

mewarnai
Naah.. postingan ini terkait dengan pengalaman pribadi saya baru-baru ini. Sama halnya dengan sobat blogger yang suka nyimpan file CSS atau Javascript di googlecode, saya sedikit kaget karena tidak bisa lagi menggunakan layanan hosting gratis dari Om google tersebut.

Setelah beberapa kali mencoba, dan tetap mentok, akhirnya saya putuskan mencari tau penyebabnya melalui Om Google. Yaap.. googling beberapa menit, akhirnya ketemu deh penyakit sekaligus solusinya. Ternyata Om Google sudah menutup layanan di googlecode disebabkan adanya "penyalahgunaan" hosting, setidaknya itu informasi yang saya peroleh dari beberapa artikel rekan-rekan blogger. 

Saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saya yang mungkin juga dialami oleh sobat yang sempat baca artikel ini. Perlu diingat bahwa sekalipun layanan googlecode sudah ditutup, namun google masih menyediakan alternatif baru yang lebih oke. Yaa,,, Google Drive adalah jawabannya! Om google kita ini malah menyarankan agar segera beralih ke google drive, yang merupakan layanan hosting gratis, tempat menyimpan berbagai file, termasuk kode CSS atau Javascript yang sangat membantu dalam meminimalisir beban Blog sobat.

Caranya gampang, silahkan login dulu ke akun Google sobat, kemudian masuk ke Google Drive. Setelah itu sobat akan menemukan laman sebagai berikut:
Login Google Drive
Pada gambar di atas, ada 2 item yang saya tandai dengan lingkaran merah. Item pertama (yang paling atas) digunakan untuk membuat folder baru (jika diperlukan), sedangkan Item kedua (lingkaran lebih kecil) digunakan untuk meng-upload file yang akan disimpan pada layanan Google Drive. 

Untuk kode CSS atau Javascript yang akan disimpan, terlebih dahulu di copy, kemudian paste-kan pada notepad, dan diberi judul dengan (.js) dibelakangnya (Contoh: kodeCSS.js) lalu disimpan dalam tipe .txt, dan encoding ANSI. 

Naah,, setelah berhasil di-upload ke google drive, selanjutnya bagikan/share dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Ubah setingan berbagi seperti pada gambar
seting googledrive

2. Ubah akses menjadi publik, kemudian copy kode tautan (ditandai paling atas), setelah itu paste-kan pada notepad, dan...
ambil kode yang ditandai

3. Setelah kode tersebut didapatkan, tidak serta-merta dapat digunakan. Terlebih dahulu kita ambil kode yang ditandai dalam kotak merah, kemudian diletakkan setelah url berikut ini https://googledrive.com/host, sehingga alamat url-nya menjadi: https://googledrive.com/host/kode_yang_diambil_dari_tanda_kotak_merah

Bagaimana? memang sedikit panjang, namun jika sobat sedikit bersabar, maka kode yang didapatkan tadi sudah bisa digunakan pada blog sobat untuk meminimalisir beban blog saat loading biar ga lemot. Semat mencoba!!

Post a Comment for "Migrasi Googlecode ke Google Drive"