Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Insiden di Jalan Raya? Berikut ini Tips & Triknya

Insiden di Jalan Raya
Hari Minggu kemarin untuk pertama kalinya saya dihadapkan pada situasi rumit nan pelik.

Memang beberapa kali sudah pernah mengalami kecelakaan tunggal di jalanan, namun ini yang pertama seumur-umur terlibat kecelakaan "beneran". Ceritanya begini, weekend kemarin diajak kakak sepupu untuk liat-liat rumah barunya di salah satu komplek perumahan di kawasan Panam, Pekanbaru. Katanya lokasinya bagus, kali saja saya tertarik juga untuk berinvestasi.. hehehe..

Naah.. setelah puas berkeliling komplek dan bercakap-cakap dengan salah seorang mandor, kami memutuskan untuk segera pulang ke rumah, berhubung cuaca panas, jam pun sudah mendekati angka 12 siang.. melodi di perut pun mulai mengeluarkan simfoni pertanda minta diisi.

Saat akan memasuki jalan raya, saya liat ada abang-abang yang bawa motor melaju dari arah kanan dengan kecepatan kira-kira 50 Kmph.. Otomatis saya tegur adik yang saat itu sedang berada di belakang kemudi untuk menghentikan laju kendaraan.. untuk memberi kesempatan pada si pengendara motor tersebut.. Yap.. mobil yang kami tumpangi pun berhenti untuk beberapa saat... 

Saya dan penumpang lainnya pada heran.. lah kok ini si abang motor ga nengok ke depan? malah liat ke arah kiri.. Hmm.. jangan-jangan nih si abang liatin orang mandi nih.. makanya gak nyadar kalau beberapa meter di depan sudah menunggu... Gubraakk!! Terang saja.. kecelakaan tak bisa dihindari..

Bergegas saya keluar dari mobil.., pintu bagian kanan mobil remuk.. si Abang motor ditimpa motor yang rebah ke sebelah kanan.. Motornya sepertinya juga rusak parah.. Tanpa pikir panjang saya dan adik "sang pengemudi" mengamankan motor dan abang pengendara motor tersebut ke pinggir jalan..
Naah.. dari sini nih hal-hal yang jamak terjadi pasca kecelakaan mulai deh datang serempak tanpa perlu komando!!

Saya akan membagi pengalaman pribadi saat dihadapkan pada situasi genting seperti kejadian di atas.. Mana tau suatu saat sobat mau tak mau, tanpa dikehendaki sebelumnya juga mengalami situasi ini.. Berikut ini Tips dan Trik versi saya:

1. Stay Focus & Calm Down

Biasanya nih setelah kecelakaan atau insiden di jalanan, para penonton mulai berdatangan.. di antara sekian banyak yang mengerubungi sobat, tak sedikit yang jadi sutradara dadakan.. Misalnya mulai teriak-teriak menyalahkan adegan-adegan yang kurang pas menurut "sutradara" dadakan tadi..  Ada juga yang serta merta berlagak seperti penguasa wilayah..  Yang jadi mentalis juga banyak.. dalam artian kerjaannya bikin jatuh mental kita.. Hmmpph... meskipun sebagian kecil masih berupaya menjadi pencair keadaan.. tapi nyarinya susah.. paling 1 : 25 lah..

Kalau kondisinya sudah seperti ini, kira-kira kita harus ngapain? Ops.. saya harus ngapain? Lha yang nabrak si abang tadi.. kok malah saya yang dipersalahkan? Hmm.. That's the point! Sudah jadi tradisi ya.. kalau ada kecelakaan lalin itu,, orang kebanyakan cuma liat akibatnya aja.. Proses atau sebab terjadinya terkadang dikesampingkan, atau tertutupi oleh akibat yang jelas-jelas terhampar di pandangan mata audien yang hadirnya telat.., ga liat film dari awal.. Yaah.. seperti itu lah rata-rata..

Pertanyaannya kita harus berbuat apa? Alhamdulillah, kemarin itu saya dan sodara-sodara saya ga ilang fokus.. dan berusaha tetap tenang menyikapi ujian mental dari para "juri" ini.. Kita coba kasi penjelasan dengan tenang kepada para "juri" dadakan itu.. (sudah seperti persidangan di anglo saxon).. 
Dan ingat, bersikaplah bersahabat.. Mudah-mudahan ntar ada aja jalan tengah yang muncul mendadak.. hehehe

2. Cepat Ambil Tindakan

Hmm.. Biasanya juga nih yaa.. kalau sudah ada insiden, rata-rata kita panik.. cemas juga.. itu manusiawi.. suatu hal yang wajar.. 
Tetapi jika dipelihara lama-lama malah membuat kondisi kita makin terjepit. Hukum dasarnya seperti ini: "Makin lama berdiam di TKP, makin rame penonton, makin ngeri ujian mentalnya". Dan itu sepertinya berlaku umum..
Lalu sobat harus ngapain? Hmm.. cepat ambil tindakan nyata... gak usah terlibat koar-koar, atau adu mulut tentang siapa yang benar dan siapa yang salah.. Hal itu dapat kita kesampingkan dahulu.. ntar di episode selanjutnya bisa dibahas lagi..

Saran saya, cepat dekati "korban".. (maksudnya di sini si abang motor, karena saya sebenarnya juga korban lho.. hehehe). Ajak ngobrol, tanya keluhan sakitnya di bagian mana? lalu tawarkan untuk mengantarnya ke klinik terdekat atau RS.. 
Sebenarnya tidak perlu menunggu persetujuan dari si "korban".. sebab saat itu kondisi korban juga dipengaruhi oleh atmosfir panas yang dihadirkan penonton dadakan itu.. Papah si korban ke mobil.. kita langsung tancap menuju Klinik atau RS terdekat..., 
Menurut pengalaman nih,, atmosfir yang meninggi tadi berangsur-angsur akan menurun seiring berjalannya waktu.. Dijamin, penonton mulai menghilang satu per satu karena menganggap nih film endingnya ga sesuai harapan pemirsah!!  :)

3. Bagi-Bagi Tugas (Teamwork)

Sebuah pekerjaan jika dilakukan sendirian akan terasa berat, jika bersama-sama akan terasa berat juga, tetapi moral kita akan terangkat.. mungkin begitulah kondisi saat di TKP.. 
Kalau sobat sudah menjalani langkah pertama untuk stay cool, mencoba tetap tenang.., dan cepat tanggap.. Hal berikutnya yang diperlukan adalah membagi tugas..

Yaa.. kerjakanlah tugas berdasarkan job description masing-masing.. 
Pertama, harus ada yang menjadi juru runding. Bertugas mengamankan penonton yang sudah berubah peran menjadi juri dadakan..
Kedua, harus ada yang bertugas mengamankan si Korban.
Ketiga, tugaskanlah salah satu di antara kamu yang berlagak nelpon sana-sini... memberi kabar ke orang-orang terdekat yang dapat dihubungi.. 

Ingat ini penting lho!! karena ini psy war!! si korban biasanya juga berlagak begitu.. Berbicara lah di telpon dengan aksen formal, beritahukan kondisi terkini, lokasi, dan situasi kita dan korban.. (hmm.. jangan-jangan ntar kamu dikira salah satu marinir yang tersesat di jalanan ibu kota.. hehehe). 

Keempat, kalau ada di antara kamu yang bisa akting (kalau perlu sobat yang cewe), menagislah histeris,, atau setidak-tidaknya bersikaplah seperti sedang terpukul, merasa dunia tidak adil, dll.. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi permainan si korban yang biasanya nangis histeris, meminta simpati dan harapan untuk dibela si penonton.. (hahaha.. yang keempat ini belum teruji, gak dipraktekkan kemarin.., cuma saran dari beberapa kawan...)

4. Pastikan Endingnya Dapet

Yap.. ini akhir dari sebuah kasus. Saat sobat dan si korban sudah berada di mobil.. Yaa,, jelas sudah tidak ada lagi bisikan-bisikan ngawur yang akan mempengaruhi si korban (plus yang bisa menjatuhkan mental sobat), karena saat itu kita hanya akan berkutat tentang siapa sobat ("subjek") dan siapa sebenarnya si korban ("objek").

Bukalah pembicaraan serileks mungkin.. senyaman yang sobat bisa. Mulailah dengan menanyakan nama, keluarga, tempat tinggal, pekerjaan.. Hmm.. jangan lupakan pembicaraan seputar istri dan anak, ini adalah hal yang ampuh untuk menjalin kedekatan dengan si korban.. Kalau perlu carilah persamaan-persamaan antara sobat dengan si korban..

Saya    : Dah berkeluarga Bang?
Korban: Sudah Mas..
Saya    : Anak berapa nih Bang?
Korban: Mau dua nih Mas...
Saya   : Oohh... jadi istrinya lagi hamil ya Bang?? Waah.. kebenaran nih Bang, istri saya juga lagi hamil.. Dah berapa bulan Bang?
Korban: Tinggal nunggu hari Mas.. Kata dokter harus operasi.. bayinya sungsang.. Saya bingung Mas... saya kerjanya cuma jualan keliling.. ini hari minggu harusnya saya di rumah bersama anak sulung saya.. Tapi untuk mencukupi biaya persalinan, saya bela-belaan ngojek Mas... Dah setengah hari keliling ga juga dapet-dapet Mas... Saya bingung,, makanya tadi saya ngelamun bawa motornya Mas.. Dan.. sekarang ini saya tabrakan... Huaaaa... (langsung nangis)
Saya    : Hmm.. sabar Bang... Insiden tadi jangan dipikirin dulu..sekarang kita usaha dulu biar abang cepat sembuh.. biar bisa ntar nemenin persalinan istrinya..
Korban: Makasi ya Mas.. tolong antar saya ke rumah saya dulu Mas.. saya mau ambil kartu BPJS.. Biar nanti kalaupun saya harus dirujuk ke RS gak bakalan ngerepotin Mas tuk bayar biayanya.
Saya   : ????  (dalam hati: Alhamdulillah... apesnya berkurang.. tinggal nyari dana tuk perbaikan mobil saja)

Naah.. hal-hal seperti ini bisa bikin Ending sebuah drama kecelakan yang awalnya bikin jantungan jadi mencair dan berubah menjadi romance dan kolosal.. Di beberapa kasus malah berpeluang nambah sodara baru.. :)

5. Jangan Dustai Nurani

Last but not least.. ini yang harus diutamakan ketimbang itung-itungan siapa benar, siapa salah..
Kadang suatu kepastian hukum pun bisa dikesampingkan untuk suatu keadilan dan kemamfaatan...

Saat sobat sudah berkunjung ke rumah si korban, bertemu dengan anak istrinya, dan melihat realitas kehidupan si Korban yang ternyata adalah ayah yang sedang galau, suami yang sangat bertanggung jawab dan pria yang hampir putus asa.. Saatnya untuk mengetuk pintu nurani sobat..  dan tanyakan.. sekarang mau kamu apa..?  Mau ngotot-ngototan minta ganti rugi..? atau merelakan..? Mau ngomeli atau ngobati..?

Kalau mau berpendapat seperti ini:
"Waah.. gak bisa!! masa ngasi orang yang udah bikin mobil gue babak belur? belum lagi ke bengkel? Cekak nih dompet!!" 
Monggo.. silakan.

Kalau boleh menyarankan, jika memang saat itu sobat ada sedikit kelebihan.. kenapa tidak dimamfaatkan untuk menyedekahkannya pada tempat yang jelas dan sudah tentu mamfaatnya? Bisa jadi ini cara Tuhan mempertemukan kita dengan orang yang benar-benar sangat butuh uluran tangan kita? Berbuat baik kepada orang yang baik kepada kita, itu biasa. Berbuat baik kepada orang yang pernah melukai kita, naah.. itu baru luar biasa..

Salam Nurani & Kemanusiaan..

1 comment for "Insiden di Jalan Raya? Berikut ini Tips & Triknya"