Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunjungan Mentee ke Pengadilan Tinggi Agama Medan

Mentee bersama Mentor PPC II
Setelah menelusuri jalanan di Ibu Kota akhirnya Mentee Pengadilan Agama Medan sampai juga di pelataran gedung Pengadilan Tinggi Agama Medan tepat pukul 10.50 WIB. Gedung yang terletak di Jl. Kapten Sumarsono No.12 Medan tersebut dapat dijangkau dengan jarak tempuh lebih kurang 40 menit dari PA Medan. Adapun agenda kunjungan Mentee PA Medan ke PTA Medan adalah temu ramah dalam rangka menjalin ukhuwah islamiyyah dan mempererat silaturrahim antara "Anak" dan "Bapak" sebagai sesama warga Peradilan Agama.

Sesampainya di Pengadilan Tinggi Agama Medan, Mentee dipersilahkan terlebih dahulu ke ruangan Kasubbag Umum sebelum akhirnya diperbolehkan "berkeliaran" di kawasan PTA Medan. Selidik punya selidik ternyata ini merupakan bagian dari prosedur standar yang diberlakukan bagi setiap tamu yang bekunjung ke PTA Medan.

Sekalipun mayoritas Mentee baru pertama kali menjejakkan kaki di PTA Medan, namun tidak mendapatkan kesulitan yang berarti untuk menelisik tiap jengkal ruangan, hal ini tidak terlepas dari peran salah seorang Mentee yang sangat akrab dengan lingkungan PTA Medan dan mempunyai hubungan yang cukup baik dengan warga PTA Medan. Memang Syakdiah, SHI dahulunya pernah mengabdikan diri lebih dari 6 tahun di PTA Medan sebagai salah seorang tenaga Honorer. 

Menapaki deretan anak tangga yang meliuk menuju lantai II gedung PTA Medan, akhirnya Mentee sampai di ruangan Panitera/Sekretaris PTA Medan. Di ruangan ini Mentee bertemu dengan Panitera/Sekretaris PTA Medan Bapak Tukiran, SH yang sedang terlibat diskusi ringan dengan salah seorang Hakim Tinggi Drs. H. Busra, SH., MH.

Perasaan segan dan was-was yang sempat hadir sesaat serta merta lenyap tatkala disuguhi senyuman tulus penuh arti saat bertemu dan berjabatan tangan dengan beliau para pejabat senior di wilayah PTA Medan. Tanpa menunggu hitungan menit, Mentee dan Bapak-bapak Panitera/Sekretaris beserta Hakim Tinggi mulai tenggelam dalam diskusi kecil, dari percakapan basa-basi hinggaseputar masalah peradilan, dan pengalaman-pengalaman menarik dan berharga terlontar laksana percikan bara api yang mengobarkan semangat. Perbincangan semakin lengkap tatkala Hakim Tinggi lainnya Drs. Sudirman Cik Ani, SH., MH ikut nimbrung di dalamnya, hal ini karena beliau sangat paham dengan peta psikologis para Mentee, maklum putra beliau juga tengah mengikuti PPC Terpadu I yang sudah lebih dahulu terjun menikmati menjalani hari-hari sebagai Mentee.

Selanjutnya Mentee beranjak menuju ruangan KPTA Medan yang terletak tepat diujung koridor yang hanya terpaut beberapa meter dari ruangan Panitera/Sekretaris tempat yang baru saja dikunjungi.
KPTA Medan Drs. Soufyan M. Salim, SH langsung menyonsong dan mempersilahkan masuk Mentee dengan wajah teduh yang menjadi ciri khas beliau. Tak lama berselang WKPTA Medan Drs. H. Syahron Nasution, SH,.MH disela-sela kesibukannya juga ikut bergabung bersama KPTA Medan dan Panitera/Sekretaris yang lebih dahulu menyempatkan diri untuk sekedar bertatap muka dengan "anak-anaknya".

Dengan sedikit malu-malu akhirnya Gunawan, SHI sebagai Ketua Mentee mulai ber-muqaddimah dan memperkenalkan diri dilanjutkan oleh Mentee-Mentee lainnya. Tak berbeda jauh dengan ruangan sebelumnya, disini pun Mentee mendapatkan banyak pengalaman berharga dan petuah-petuah penuh mamfaat dari lisan Pimpinan PTA Medan, layaknya nasehat seorang Ayah kepada Anak-anaknya yang akan mengemban tongkat estafet perjuangan selanjutnya, yang diharapkan mampu berbuat lebih di masa yang akan datang. Setelah mengabadikan moment langka tersebut, Mentee melanjutkan ziarahnya ke ruangan-ruangan lainnya. Pada akhirnya rentetan kegiatan tersebut berhenti di sebuah tempat yang mulia, Mushalla Al-Mizan, seiring dengan kumandang azan zhuhur memanggil para musafir untuk segera melepas letih, mengobati dahaga jiwa.

Sebelum berpamitan dan meninggalkan PTA Medan untuk kembali ke kampus tempat para Mentee menimba pengetahuan di PA Medan, Mentee mendapatkan kenang-kenangan berharga dari pimpinan PTA Medan berupa "Buku Pintar Teknis Yustisial dalam Praktek Peradilan Agama" yang disusun langsung oleh PTA Medan, buku yang sangat bagus, bermamfaat dan sangat direkomendasikan sebagai referensi bagi praktisi hukum yang berkecimpung di Pengadilan Agama.

Post a Comment for "Kunjungan Mentee ke Pengadilan Tinggi Agama Medan"