Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghidupkan Kata(k)


Katak di atas Tempurung

Beberapa KATA mempunyai hak untuk hidup di dalam diri seseorang (Andre Gide)
Dan jika tidak mempunyai hak untuk hidup, KATA pun mempunyai hak untuk mengembangkan suatu pemikiran, karena sering terjadi suatu KATA dalam diri kita yang tidak kita sadari atau kita kenal.
bila kita mendengar suatu ungkapan seperti ungkapan ini, ungkapan KATA itu sendiri menjadi sumber bagi munculnya suatu gagasan dan lahirnya inti pemikiran.

Kanan?? kiri?? tengah??
murni?? tidak murni?? setengah murni?? campuran??
hanya permainan KATA belaka..
yang sangat bergantung pada MASA..
dan tak mungkin SELAMANYA.....

Kadang di suatu MASA kita menelurkan sebuah GAGASAN--tentu bermula dari KATA dan bermuara pada KATA-- bisa dianggap sebagai BAGIAN dari sebuah KELOMPOK..(kanankah??kirikah??atau poros tengah??)

Seiring MASA berlalu, dengan GAGASAN yang sama, mungkin kita akan diklaim sebagai bagian dari KELOMPOK yang bisa saja berbeda dari apa yang disematkan pada diri kita di masa lalu. Hipotesis sementara adalah kanan, kiri, tengah, dan lainnya adalah BIAS dari sebuah proses PENCAPAIAN INTELEKTUAL seseorang dalam memahami sesuatu.
Pencapaian tersebut bergesekan dengan STEREOTIPE dan general term yang POPULER di kala itu,
namun tatkala lingkungan (Awam) juga sudah mencapai "pencapaian" yang dilalui oleh seseorang (Terpelajar) tersebut, maka ia pun dapat dimengerti..

Prototipe seperti ini sangat mirip dengan TEORI KERUCUT yang dilontarkan oleh Ali Syari'ati di masa silam..
Atau seperti Einstein yang menerobos general term yang berkembang pada zamannya (penyembahan terhadap ilmu pngetahuan) dengan menerapkan nilai-nilai religius dalam beberapa teorinya..
Atau seperti Nabi Ibrahim AS yang keluar dari STEREOTIPE yang sengaja diciptakan pada saat itu (penuhanan berhala)..
Atau Kepler dan Galileo tatkala mengobrak-abrik tatanan gereja -yang jumud-..
Akhirnya Rasulullah Muhammad SAW yang menerobos (revolusi) segala lini...
Kabarnya dahulu juga dikatakan sebagai golongan GILA, MINORITAS, TERTINDAS, dan KUMPULAN ORANG2 DUNGU
Katak menguak tempurung
Pada akhirnya.. setiap periode akan mengalami hal yang sama.. PROTES..

Tak peduli saudara adalah golongan yang mana,,-yang disematkan orang lain kepada saudara, tentu bukan saudara sendiri yang mengklaim diri saudara dengan sebutan tertentu-,
selagi masih memiliki jiwa PROTES, berarti saudara adalah katak yang sedang berusaha untuk menguak tempurung yang mengungkung saudara..
atau bisa jadi tengah menghancurkan tempurung yang selama ini menghalangi pandangan mata (pikiran) saudara dari pesatnya perkembangan (perubahan) yang telah lama terjadi di luar (tempurung) sana..
Silakan komentar dan sarannya ya ^_*

1 comment for "Menghidupkan Kata(k)"